search-button

Senin, 01 Mei 2017

Cara Membuat Kolak Singkong dan Pisang Yang Enak

   
Advertisements
Advertisements
Resep dan CaraCara Membuat Kolak Singkong dan Pisang Yang Enak – Kolak adalah salah satu makanan khas saat bulan puasa. Walaupun begitu, tapi tidak berarti bahwa kolak hanya akan bisa kita nikmati saat bulan puasa saja yah, bulan-bulan biasa juga bisa kok. Kolak yang dijual dipasaran memang cukup beragam, ada kolak singkong tanpa santan, ada juga kolak singkong kuah kental. Biasanya kolak singkong atau pisang yang menggunakan santan akan teras lebih kental.

Resep dan Cara Membuat Kolak Singkong dan Pisang Yang Enak
Karena kolak ini adalah jenis makanan yang khas saat bulan puasa, jadi penjual kolak memang akan lebih banyak kita jumpai saat bulan puasa tiba. Oleh karena itu sebaiknya kita bisa membuatnya sendiri di rumah. Membuat kolak pisang yang enak atau kolak singkong yang empuk tidak susah ko, asal kita memilih bahan yang pas serta proses pembuatan yang benar dijamin kolak singkong pisang yang akan kita buat akan enak dan sempurna.

Resep dan Cara Membuat Kolak Singkong dan Pisang Yang Enak

Resep Kolak Pisang dan Singkong Empuk

Bahan-bahan untuk Membuat Kolak Singkong dan Pisang

  • 750 gr singkong
  • 6 buah pisang
  • 200 gr gula pasir
  • garam secukupnya
  • 1 bungkus vanili
  • 1000 ml air
  • 600 ml santan
  • daun pandan selembar
 

Cara Membuat Kolak Singkong dan Pisang Yang Enak

  1. Pertama: Potonglah singkong dan pisang dengan ukuran sesuai selera ( boleh kecil, sedang, atau besar)
  2. Kedua: Siapkan panci, masukkan air, singkong yang sudah dipotong, gula merah dan daun pandan. Rebus sampai setengah empuk.
  3. Ketiga: Masukkan pisang yang sudah di potong, gula pasir dan garam secukupnya.
  4. Keempat: Masukkan santan, lalu biarkan sampai mendidih dan agak kental. Kemudian masukkan juga vanili. Anda bisa mengecek rasa kolaknya, apakah sudah pas atau tidak. Setelah itu kolah siap disajikan.

Itulah Cara Membuat Kolak Singkong dan Pisang Yang Enak. Kolak pisang bisa dihidangkan saat panas atau dibiarkan dingin terlebih dahulu. Karena selera setiap orang memang berbeda, ada yang lebih menyukai kolak panas ada juga kolak dingin, bahkan ada yang makan kolak dengan menambahkan es batu. Bagaimana dengan selera anda? Selamat mencoba.