search-button

Minggu, 11 Juni 2017

Perbedaan Antara Latte Dengan Cappuccino

   
Advertisements
Advertisements
Perbedaan Antara Latte Dengan Cappuccino
Resep dan CaraApa Perbedaan Antara Latte Dengan Cappuccino? Latte dan Cappuccino adalah dua jenis minuman yang selalu ada di café-café yang khusus menyediakan berbagai macam jenis minuman kopi. Nah sebelum anda memutuskan akan memesan yang mana, tentu saja anda harus tahu dulu perbedaannya, Kedua jenis kopi ini memang memiliki rasa yang hampir sama.

Sama-sama terbuat dari bahan dasar espresso dan susu, yang membedakan kedua jenis minuman ini adalah jumlah takaran susu dan banyaknya foam yang ditambahkan ke dalam espresso. Banyaknya susu yang ditambahkan akan mempengaruhi rasa minuman yang disajikan. jadi kedua jenis minuman ini memang berbeda. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah Perbedaan Antara Latte Dengan Cappuccino.

Apa Perbedaan Antara Latte Dengan Cappuccino?

2 Perbedaan Antara Latte Dengan Cappuccino

1. Latte

Latte adalah kopi yang cenderung milky. Kunci paling mendasar dalam membuat latte adalah pada proses steaming susunya. Proses steaming susu ini berfungsi untuk dua hal, yaitu memanaskan susu hingga mencapai temperatur tertentu dan untuk menghasilkan micro foam. Latte dibuat dengan menggunakan 3 bahan dasar utama, dengan takaran komposisi yang berbeda yaitu Double shot espresso (sekitar 60 ml), Susu yang di-steam (biasanya hampir secangkir penuh), dan Micro foam (kurang lebih hanya setebal 1 cm di lapisan atasnya). Untuk mengenali apakah minuman itu adalah latte, biasanya anda akan langsung merasakan kopi yang terasa begitu milky pada saat tegukan pertama. Latte biasanya menggunakan art di permukaannya (Latte art), dengan gambar yang berbeda-beda seperti gambar hati, hewan, bunga, dan lain sebagainya.

Baca juga:
 

2. Cappuccino

Cappuccino adalah salah satu jenis minuman tradisional Italia. Cappuccino dibuat dengan menggunakan 3 bahan dasar utama yaitu espresso, steamed milk, dan milk froth. Dikatakan cappuccino hanya jika ia memiliki takaran yang sama untuk setiap komposisinya, jika di ilustrasikan adalah sepertiga espresso, sepertiga steamed milk, dan sepertiga milk froth. Untuk mengenali apakah minuman itu adalah cappuccino, biasanya anda akan merasakan foam yang agak tegas dan bold di saat tegukan pertama, lalu diikuti kopi dengan rasa milky yang kuat setelahnya. Cappucino tidak memakai art di permukaannya, biasanya Cappuccino hanya dihiasi dengan taburan bubuk kayu manis di atasnya.

Itulah Perbedaan Antara Latte Dengan Cappuccino, jadi jangan salah pilih yah, semoga bermanfaat.